Sabtu, 10 Januari 2009

RPP AQIDAH AKHLAK KL IX

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


MTs : MTs Miftahul Huda Kuripan
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : IX / Gasal
Standar Kompetensi :1. Meningkatkan keimanan kepada hari akhir dan alam ghoib yang masih berhubungan dengan hari akhir.
Kompetensi Dasar : 1.1. Menjelaskan pengertian beriman kepada hari akhir
1.2. Menunjukkan bukti/dalil kebenaran akan terjadinya hari akhir
1.3. Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan hari akhir.
1.4. Menjelaskan macam-macam alam ghoib yang berhubungan dengan hari akhir
1.5. Menampilkan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir.
Indikator : 1. Menjelaskan pengertian hari akhir
2. Menunjukkan dalil naqli tentang hari akhir
3. Menjelaskan hari akhir menurut Ilmu Pengetahuan (dalil aqli)
4. Menyebutkan nama-nama lain hari akhir
5. Menjelaskan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan datangnya hari akhir.
6. Menjelaskan alam ghoib yang berhubungan dengan alam ghoib
7. Menjelaskan fingsi Iman kepada hari akhir
8. Menjelaskan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir
Alokasi waktu : 14 x 40 menit ( 7 kali tatap muka)
A. Kegiatan Pembelajaran
Siswa dapat :
Menjelaskan pengertian hari akhir.
Menjelaskan pengertian iman kepada hari akhir
Melafalkan dan menuliskan dalil naqli dan dalil aqli yang menerangkan tentang hari akhir
Menyebutkan nama-nama lain hari akhir
Menyebutkan berbagai tanda dan peristiwa yang berhubungan dengan datangnya hari akhir.
Menjelaskan alam ghoib yang berhubungan dengan hari akhir
Menjelaskan fingsi Iman kepada hari akhir
Menjelaskan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir
B. Materi Pembelajaran
a. Pengertian hari akhir.
b. Dalil naqli dan dalil aqli yang menerangkan tentang hari akhir
c. Nama lain hari akhir
d. Tanda-tanda akan datangnya hari akhir
e. Alam ghoib yang berhubungan dengan hari akhir
f. Fungsi Iman kepada hari akhir
g. Perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir

C. Metode Pembelajaran
a. Ceramah
b. Tanya jawab
c. Diskusi
d. Penugasan
e. Inquiri
D. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan 1
Pendahuluan
Appersepsi : Mengingat kembali tentang rukun iman.
Motivasi : Apabila materi ini dikuasai maka diharapkan siswa dapat lebih mempercayai bahwa hari akhir pasti akan datang.
Kegiatan inti
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru (tugas mencari materi dari buku paket atau buku penunjang lainnya yang menerangkan tentang pengertian hari akhir serta dalil Naqli dan dalil Aqli tentang terjadinya hari akhir.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan tentang pengertian beriman kepada hari akhir.
Peserta didik dengan dipandu oleh guru melafalkan dan menulis dalil Naqli yang berkaitan dengan hari akhir dan dijelaskan untuk memahami isinya.
Peserta didik diberi penjelasan tentang alam dan planet yang pada mulanya ada kemudian berangsur - angsur akan rusak ataupun mati sehingga bisa menambah kepercayaan akan terjadinya hari akhir.

Penutup
Peserta didik membuat rangkuman tentang pengertian dan bukti akan terjadiny hari akhir baik secara Aqli maupun Naqli.
Peserta didik diberi tugas untuk menghafal QS Al – Qoriah berikut terjemahnya.

Pertemuan 2
Pendahuluan
Appersepsi : Mengingat kembali mengenai iman kepada hari akhir beserta bukti adanya hari akhir.
Motivasi : Apabila pesrta didik dapat lebih memahami nama – nama lain hari akhir, maka akan dapat menyadarkan dirinya bahwa hari akhir sebagai kehidupan yang kekal bagi kehidupan manusia.

Kegiatan inti
a. peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru tentang nama – nama lain hari akhir, yang kemudian mencariny dalam buku paket dan juga Al – Qur ’an terjemah untuk dapat lebih mengetahui dan mengembangkannya sehingga memahami dari masing – masing namahari akhir yang disebutkan di dalam Al – Qur’an.
b. Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan secara bergantian mengenai arti dan maksud dari nama – nama hari akhir.
c. Peserta didik dan guru secara bersama – sam a memberikan appersepsi dan membahas nama – nama hari akhir

Penutup
a. Peserta didik membuat rangkuman materi mengenai nama – nama lain dari hari akhir.
b. Peserta didik dan guru melakuan refleksi.

Pertemuan 3
Pendahuluan
Appersepsi : Mengingat kembali mengenai nama – nama lain dari hari akhir.
Motivasi : Apabila peserta didik mengetahui adanya tanda – tanda hari akhir maka akan mendorong peserta didik untuk sebanyak mungkin berbuat baik dan sejauh mungkin meninggalkan perbuatan dosa.

Kegiatan Inti
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru, berdasarkan penjelasan guru peserta didik ditugaskan untuk mencari tanda – tanda kecil dari hari akhir yang ada di sekitar kehidupannya.
Peserta didik diberikan tugas untuk mencari tanda – tanda besar dari hari akhir yang disebutkan dalam hadis Rasul.
Peserta didik mengkomunikasikan secara lisan tanda – tanda kecil ataupun besar dari hari akhir.
Peserta didik dan guru bersama – sama membahas tentang tanda – tanda hari akhir.

Penutup
Peserat didik membuat rangkuman tentang tanda – tanda hari akhir.
Memberikan kesimpulan terhadap materi.

Pertemuan 4 dan 5
Pendahuluan
Appersepsi : Mengingat kembali mengenai tanda – tanda hari akhir.
Motivasi : Jika peserta didik memahami materi ini dengan baik maka akan menjadikan peserta didik bersikap hati – hati dalam hidup di dunia sehingga akan selalu taat kepada petunjuk – petunjuk agama.

Kegiatan inti
Peserta didik diberikan stimulus berupa pemberian materi oleh guru, untuk dikembangkan dengan mencari materi yang ada dalam buku – buku lainyang relevan.
Peserta didik secara berkelompok mengkomunikasikan secara lisanmengenai alam ghoib yang berhubungan dengan hari akhir.
Secara berkelompok pula peserta didik mendiskusikan tentang ”mengapa peradilan di dunia tidak sama dengan peradilan di akhirat dalam hal keadilan keputusannya?”
Peserta didik dan guru secara bersama membahas alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir.

Penutup
Memberikan kesimpulan tentang alam ghaibyang berhubungan dengan hari akhir
Memberikan post tes
Memberikan tugas kepada peserta didik untuk mencari macam-macam surga dan macam-macam neraka

Pertemuan 6
Pendahuluan
Apersepai : Memberikan umpan balik kepada peserta didik tentang materi-materi yang disajikan pada pertemuan sebelumnya.
Motivasi : Agar peserta didik dapat selalu berusaha menjadi manusia yang baik selama hidupnya didunia maka peserta didik hendaknya memahami fungsi dan perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir.

Kgiatan Inti
Mem,berikan penjelasan kepada peserta didik tentang perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir
Meminta kepada para siswa untuk memberikan contoh perilaku yang mencerminkan keimanan terhadap hari akhir
Peserta didik mempresentasikan contoh yang dibuat untukdibahas
Pesrta didik bersama dengan guru membahas contoh yang dipresentasikan masing-masing siswa

Penutup
Memberikan kesimpulan terhadap materi yang dibahas
Memberikan tugas kepada siswa untuk memperhatikan kahidupan di lingkungannya masing-masing untukmencatat sebuah kasus tentang sifat ketamakan manusia dan menceritakan secara singkat sebab dan akibatnya.

Pertemuan 7
Pendahuluan
Apersepsi : Mengingat kembali mengenai materi iman kepada hari akhir dan alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir
Motivasi : Peserta didik hendaknya berusaha dapat menyelesaikan soal yang diberikan yang berkaitan dengan iman kepada hari akhir dan alam ghaib yang berhubungan dengan hari akhir.

Kegiatan Inti
Peserta didik diminta untuk mempersiapkan kerta ulangan dan peralatan tulis secukupnya di atas meja karena akan dilaksanakan ulangan harian.
Peserta didikdiberikan lembar soal ulangan harian.
Peserta didik diingatkan mengenai waktu pengerjaan soal ulangan harian, serta diberi peringatan bahwa ada sangsi jika peserta didik mencontek
Guru mengumpulkan kertas ulangan harian jika waktu ulangan harian sudah selesai.

Penutup
E. Sumber Belajar
a. Buku paket ”Membangun Aqidah Akhlaq” untuk kelas IX MTs halm. 3-17
b. LKS
c. Qur’an Terjemah

F. Penilaian
1. Teknik : Tugas individu, Ulangan harian (Tes tertulis)
2. Bentuk Instrumen : Soal pilihan ganda dan uraian singkat
3. Soal-soal :

˜ TES FORMATIF /ULANGAN HARIAN ™
A. Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d pada jawaban yang benar dari soal berikut ini !
1. Hari hancurnya alam semesta disebut ....
a. alambarzakh c. yaumul-ba'as
b. yaumus-sd'ah d. yaumul-kubra
2. Masa kehidupan manusia setelah mati disebut yaumul-dkhir karena ....
a. itulah hari yang terakhir, tidak ada hari setelah itu
b. hari itulah hari yang paling agung
c. saat itu manusia diberi balasan atas amalnya
d. setiap manusia pasti mengalaminya
3. Baik atau buruk balasan yang diterima manusia padayaumul-akhir tergantung pada ....
a. saat itu juga c. keberuntungan saja
b. baik atau buruknya nasib d. amalnya ketika hidup di dunia
4. Iman kepada hari akhir haras dapat dibuktikan dengan ....
a. kesungguhan hati c.sikap dan perbuatan sehari-hari
b. kemantapan hati d.pembacaan dua kalimah syahadat
5. Iman kepada hari akhir adalah salah satu ....
a. pokok ibadah c.rukun Islam
b. pokok kepercayaan d.kesucian hati seseorang
6. Saat hancurnya alam semesta disebut ....
a. yaumul-dkhir
b. yaumul-ba'as
c. yaumus-sd'ah
d. yaumulhasyr
7. Hari kiamat juga disebut yaumul-khulud, artinya ....
a. hari yang mulia ;
b. hari yang menyenangkan
c. hari yang kekal
d. hari yang menyedihkan
8. Berikut ini yang bukan merupakan nama-nama surga adalah ....
a. 'adn
b. na'im
c. hawiyah
d. firdaus
9. Berikut ini yang bukan merupakan nama-nama neraka adalah ....
a. wail
b. ma'wa
c. saqar
d. jahanam
10. Hari kiamat juga dinamakan yaumul-mizan, artinya ....
a. hari perhitungan amal
b. hari pembalasan amal
c. hari penimbangan amal
d. hari penyempurnaan amal
11. Kiamat sugra seseorang terjadi pada waktu ....
a. lahirkedunia c. terjadinya kiamat kubra
b. kematiannya d. saat tidak sadarkan diri
12. Kiamat kubra disebut juga ....
a. yaumus-sd'ah c. yaumul-ba'as
b. yaumul-dkhir d. yaumul-jazd'
13. Alam barzakh dialami setiap manusia ....
a. sebelum ia lahir ke dunia
b. setelah ia menjalani perhitungan amal
c. setelah iamati
d. setelah bangkit dari alam kubur
14. Manusia berada di Mahsyar pada ....
a. yaumul-ba'as c. yaumud-dunya
b. yaumul-jazd' d. yaumul-hasyr
15. Malaikat yang bertugas mencatat amal baik dan buruk manusia adalah .
a. Malaikat Raqib dan Atid
b. Malaikat Jibril
c. Malaikat Munkar dan Nakir
d. Malaikat Ridwan
16.Manusia menuju Mahsyar setelah ....
a. menjalani hisab c. bangkit dari alam kuburnya
b. menjalani mizan d. selesai hisab dan mizan
17. Yaumul-akhir dibagi menjadi....
a. duatahap c. empattahap
b. tiga tahap d. lima tahap
18. Tahap terakhir dari yaumul-dkhir adalah ....
a. yaumul-ba 'as
b. yaumul-hasyr
c. yaumul-hisdb dan yaumul-mizdn
d. yaumul-jazd'
19. Manusia dapat berusaha mencapai surga pada waktu ....
a. bangkit dari alam kuburnya
b. masih hidup di dunia
c. hisab akan dilaksanakan
d. selesai hisab dan mizan
20. Yang dialami manusia pada yaumul-jazd' ialah ....
a. merasakan nikmatnya surga
b. merasakan pedihnya siksa neraka
c. menerima balasan amalnya
d. dihisab dan ditimbang amalnya


B. Jawablah pertanyaan berikut secara singkat dan tepat!
1. Jelaskan secara singkat pengertian iman kepada hari akhir!
2. Apakah yang dimaksud reinkarnasi?
3. Mengapa kehidupan orang beriman di dunia bagaikan hidup dalam penjara?
4. Mengapa kehidupan orang kafir di dunia ini bagaikan hidup di surga?
5. Bagaimanakah kehidupan pada hari akhir jika dibandingkan dengankehidupan di dunia?
6. Apakah yang dimaksud alam barzakh?
7. Apa pula yang dimaksud Mahsyar?
8. Dibagi menjadi berapa tahap yaumul-dkhir itu? Jelaskan!
9. Apakah bukti yang dijadikan dasar perhitungan dan pertimbangan amalmanusia di hari akhir?
10.Apakah yang dimaksud yaumul-hasyr itu?

Kunci Jawab :
A. 1. b 6. c 11. b 16. c
2. a 7. c 12. b 17. d
3. d 8. c 13. c. 18. c
4. c 9. b 14. a 19. b
5.. b 10. c 15. a 20. c
B. 1.Beriman kepada hari akhir berarti meyakini dengan sepenuh hati adanya pembalasan amal perbuatan manusia selama hidup di dunia.
2. Reingkarnasi adalah penjelmaan roh manusia yang telah mati.
3. Karena orang yang beriman akan selalu bersikap hati-hati terhadap kehidupan di dunia ini.
4. Karena orang yang tidak beriman akan melakukan apa saja yang ia mau, tanpa memikirkan hal itu dosa atau tidak.
5. Kehidupan hari akhir kekal tetapi kalau kehidupan dunia bersifat sementara.
6. Alam barzah atau alam kubur yaitu batas pemisah antara kahidupan didunia dan kehidupan diakherat
7. Mahsar yaitu tempat berkumpulnya manusia setelah bangkit dari alam kubur.
8. Yaumul akhir dibagi menjadi 5, yaitu : alam barzah, yaumul ba’as, yaumul hasyr, yaumul mizan dan yaumul hisab, serta surga dan neraka.
9. Amal manusia selama ia masih hidup
10. Yaumul hasyr yaitu hari penyesalan bagi orang yang tidak beriman.









Purwodadi, .................................
Mengetahui,
Kepala Madrasah Guru Mata Aqidah Akhlaq





Syihab Al Ghozie Dra. Anis Husainiyah
NIP. 150267145